Ekskul Pramuka

Di sekolah, ada banyak sekali pilihan ekstra kulikuler (ekskul) yang bisa kamu pilih sesuai dengan minat dan bakat masing-masing. Dari ekskul tari sampai ekskul olahraga kayak basket, setiap ekskul pastinya menawarkan manfaat dan keseruannya masing-masing. Tapi untuk 5 keseruan di bawah ini, dijamin deh nggak akan pernah kamu dapatkan kalau kamu nggak gabung di ekskul Pramuka. Mau tau keseruan apa aja yang menanti kamu?

1. Bisa belajar mecahin sandi morse

Buat kamu yang suka sama sandi atau kode rahasia yang cuma kamu dan beberapa orang tertentu yang tau, kamu bisa mempelajarinya di ekskul Pramuka. Sandi morse ini sendiri memiliki manfaat jangka panjang untuk kamu di kemudian hari. Misal, ketika kamu tersesat di hutan atau membutuhkan pertolongan dari seseorang yang posisinya jauh dari kamu, kamu bisa menggunakannya pada momen tersebut.

Selain itu, kamu juga bisa lho berdialog lewat pesan rahasia dari sandi morse ke teman kamu yang sama-sama mengerti. Bisa dibilang kamu semacam punya kode rahasia eksklusif sendiri gitu. Keren kan?

2. Berpetualang seru di hutan dan belajar banyak hal

Serius deh, buat kamu yang berjiwa bebas dan berpetualang, ekskul Pramuka bisa dibilang pintu menuju petualangan yang kamu dambakan. Di ekskul ini, kamu bisa belajar bagaimana cara survive di alam bebas. Nah biasanya, di ekskul Pramuka, kamu akan dikasih semacam pendidikan dasar untuk bertahan hidup di hutan. Prakteknya, kamu bisa dilepas di hutan seorang diri dan belajar menghadapi situasi. Tapi tenang aja, ada kakak-kakak penggalang yang ngamatin dan ngawasin kamu dari jauh.

3. Impian semasa kecil kamu untuk main rumah-rumahan bisa terwujud saat kamu camping dan masak bareng teman-teman

Waktu kecil dulu, pasti kamu sering deh main rumah-rumahan, atau bikin tenda versi kamu sendiri di rumah dengan nyolong kain mama dari lemari, dan berakhir dengan dimarahi. Nah, di ekskul pramuka, impian masa kecil kamu bisa terealisasi lho. Kamu juga nggak perlu takut dimarahin mama karena kain-kainnya kamu pake.

Selain itu, kamu juga bisa main masak-masakan dengan lauk yang bisa dimakan beneran. Makannya bareng-bareng sama temen-temen di dalam tenda yang kalian bangun sendiri. Hayo, masih berani bilang kalau pramuka itu nggak seru?

4. Ekskul Pramuka adalah gudangnya beragam permainan seru

Ada banyak banget permainan seru yang menanti kamu di sini, dari permainan petani dan pencuri, loncat berantai, stik goyang, sampai permainan buat barisan. Nggak cuma seru, masing-masing permainan punya tujuan dan manfaatnya sendiri, seperti permainan petani dan pencuri yang mengajarkan kamu untuk melatih kecepatan.

5. Kamu bisa bertemu banyak teman baru di kegiatan Jambore

Jambore merupakan pertemuan pramuka penggalang se-Indonesia, di mana kamu bisa melakukan banyak aktivitas seru bareng teman-teman anggota pramuka dari sekolah lain. Biasanya nih di kegiatan ini akan diadakan beragam lomba yang bisa kamu ikuti, salah satu lomba yang paling seru adalah lomba kemah, dari kemah terbersih, terapi, sampai terkreatif. Kalian juga bisa lho saling mengunjungi kemah masing-masing, kaya silaturahmi lebaran gitu, masak bareng dan makan bareng ditemani lampu obor yang temaram. Abis itu kamu bisa gitar-gitaran di depan api unggun. Sttt… biasanya sih banyak yang cinlok di kegiatan ini, jadi sipkan hati biar nggak gampang baper ya.

Nah itu dia tadi 5 kegiatan seru yang cuma akan kamu rasakan kalau kamu gabung dan aktif di ekskul Pramuka. Tapi ingat lho, 5 keseruan di atas cuma berlaku kalau kamu rajin datang dan nggak banyak bolos. Jadi mulai sekarang udah nggak ada lagi alasan buat malas berpanas-panasan di bawah terik matahari. Seperti kata pepatah, berpanas-panas dahulu, seru-seruan kemudian.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Solve : *
6 + 12 =


%d bloggers like this: